Ayah – Dalam Kenangan

23 Maret 2017 – 18.45 WIB

Saya baru saja kehilangan seorang lelaki yang paling baik dalam hidup saya. Yang telah mendidik saya dengan caranya. Lelaki terbaik ini berpulang dalam keikhlasan setelah berjuang dengan penyakitnya.
Ayah UsmaPenyesalan saya adalah terlalu menjadwalkan pertemuan kami yang minimal setahun sekali. Walau tak pernah sekalipun ayah menuntut. Dia hanya berharap saya diberikan kesehatan ketika dia sendiri berjuang untuk memperoleh kesehatan. Ayah paham, sedangkan saya tidak.

Saya mungkin tak pernah berkata “tidak” untuk permintaan ayah. Betapa bahagia saya bila melihat beliau bahagia. Senyum kecilnya pun membuat saya bahagia. Ayah selalu berkata dengan caranya. Karena selalu ada makna dalam “kalimat uniknya”.

Saya tidak pernah menyesal atas usaha kecil saya untuk membuatnya bahagia. Tapi saya menyesal karena tak pernah bertanya “apakah ayah bahagia?”. Apakah dia bahagia dengan anak-anaknya? Pernahkah dia kecewa? Ataukah saya selalu mengecewakannya?

Maafkan aku Ayah, bila pernah berkata “tidak” dan itu menyakitimu, atau berkata “iya” tapi tak pernah membahagiakanmu. Maafkan aku pernah bertanya soal rekening listrik yang melonjak, dan membuatmu tak menyalakan AC selama sebulan. Bahkan akhirnya ayah meminta ijin menyalakan karena kepanasan. Seribu penyesalan pun tak bisa membuatku tenang. Karena aku telah menyakitimu dengan caraku. Sementara kau menerimanya dengan lapang dada.

Saat ini, aku menantimu untuk berbicara lagi.

Leave a Reply

